Figur 1. PYC Bhakti Budaya

Tangerang Selatan – Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) mengadakan acara PYC Bhakti Budaya dalam bentuk Pagelaran Wayang Orang Milenial, pagelaran ini merupakan kerja sama dengan RBN Puspo Budoyo. Walikota Tangerang Selatan Drs. H. Benyamin Davnie dan Dewan Pembina Purnomo Yusgiantoro Center Luky A. Yusgiantoro, B.Sc., M.Sc., Ph.D. turut hadir dalam pagelaran ini.

Acara yang diselenggarakan pada Minggu, 13 Maret 2022, pukul 20.00 WIB ini juga merupakan bentuk perwujudan rasa cinta dan tanggung jawab PYC terhadap kelangsungan salah satu budaya bangsa, yaitu Kesenian Wayang Orang. Seperti diketahui, wayang orang yang berasal dari Pulau Jawa juga menampilkan kisah Mahabarata dan Ramayana.

Pagelaran Wayang Orang Milenial dengan judul “Srikandi Kembar” menceritakan seorang raja dari Kerajaan Giri Puro bernama Dendo Wikeso yang sakit hati kepada para Pandawa karena telah membunuh ayahnya, Prabu Dibyo Kumoro. Karena kekuatan Giri Puro tidak sebanding dengan kekuatan para Pandawa, dia menggunakan cara licik untuk membunuh para Pandawa. Dendo Wikeso mengubah wujudnya menjadi Srikandi untuk mencuri Jamus Kalimosodho (pusaka keramat milik Pandawa) dan membuat Srikandi asli tertuduh telah mencuri pusaka tersebut. Namun, Puntadewa memberikan kesempatan kepada Srikandi asli untuk mengalahkan Srikandi palsu tersebut.

Pagelaran Wayang Orang Milenial “Srikandi Kembar” ini ditampilkan oleh para seniman milenial Indonesia dengan sangat apik. Para tamu undangan yang hadir secara langsung pun tidak beranjak dari tempat duduk sampai pagelaran berakhir. Pagelaran ini juga bisa disaksikan kembali di channel YouTube Purnomo Yusgiantoro Center dan RBN Puspo Budoyo.

https://www.youtube.com/watch?v=wcK3I4U7jmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here